Golek" nang kene!!!!

Gajah Uling Lambang Kekuatan  


Batik Gajah Uling

Batik Gajah uling melambangkan sesuatu kekuatan, yang tumbuh dari dalam jati diri masyarakat Banyuwangi. Pemaknaannya berkaitan dengan karakter masyarakat yang bersifat religius. Dengan penyebutan Gajah Eling, yang artinya eling (mengingat) kemahabesaran sang pencipta adalah sebuah jalan terbaik dalam menjalani hidup masyarakat Banyuwangi.

Selain itu, adanya keterkaitan dengan sosok misteri pada sejarah Blambangan. Penaklukan Blambangan oleh Mataram, yakni pada masa Sultan Agung Hanyokro Kusumo (1613-1645 M). Dimana kekusaan Mataram inilah banyak kawula Blambangan yang dibawa ke pusat pemerintahan Mataram Islam di Plered, Kotagede.

Mereka banyak yang belajar membatik di Keraton Mataram Islam.

Sejarah batik sudah dikenal oleh tradisi keratin di Jawa sejak abad 15. Khususnnya pada pemerintahan Sultan Agung. Setelah perkembangan zaman terjadi kepentingan politik mutualisme, dengan menetapkan

tradisi membatik sebagai sebuah tradisi sebuah identitas. Penguasaan terhadap budaya yang dilingkupinya. Menariknya, sosok batik khas Banyuwangi tidak terpengaruh unsur Mataram atau pun Bali.

Kurang gregetnya batik di Banyuwangi bukan berarti Banyuwangi tidak memiliki nilai estetika ragam hias arsitektural atau ragam hias ornamental. Justru menumbuh kembangkan batik Banyuwangi berarti menggali kembali segi atau nilai estetika Blambangan yang tersebar pada tinggalan Arkeologi yang ada.

“Ayo Jenggirat Tangi Lare-Lare Osing Banyuwangi!!!”

AddThis Social Bookmark Button


2 komentar: to “ Gajah Uling Lambang Kekuatan

  • L3V!`z
    30 Juli 2009 pukul 20.18  

    maturnuwon kanggo web iki sing wes nggae budaya Banyuwangi lebih maju ning tingkat nusantara lan manca negara,

  • larroz
    16 Maret 2010 pukul 04.12  

    terkesan batik gajah uling kalah tenar di banding batik jogja. padahal batik gajah uling juga punya kelebihan dan ciri khas dibanding batik jogja.ayo jgn malu pakai batik gajah uling lare2 osing.

Posting Komentar

 

Design by Amanda @ Blogger Buster